Selamat HUT ke 61 Kopassus “Salam Bangga”



Oleh. Ari Wahyono
Logo Kopassus (sumber:wikipedia)


Siapa yang belum tahu tentang Kopassus?
Saya sebagai warga Negara Indonesia bangga dengan Kopassus. Pasukan khusus ini ternyata memiliki sejumlah value yang menurut saya luar biasa dahsyat.
Akhir akhir menjelang  Peringatan Hari jadinya, Kopassus mendapat cobaan yang publik kenal dengan ‘Kasus Cebongan’. Namun yang hadir justru kita semua menyaksikan dukungan masyarakat atas sikap tegas Kopassus.  Dukungan masyarakat tentu bukan rekayasa, namun karena masyarakat merasakan dan menyaksikan sekaligus mengikuti perkembangan kronologi ‘kasus’ tersebut waktu demi waktu.

Pasukan Khusus itu bukan Pasukan Biasa
sumber : antaranews.com

Diberikan nama Komando Pasukan Khusus, artinya memang ada kekhususan. Bukan seperti pasukan biasa. Untuk menjadi anggota kopassus tidak mudah. DIlakukan dengan sangat ketat. Bahkan pernah pada saat seleksi ada calon anggota pasukan yang meninggal di saat test seleksi. Begitu ketat dan terstandard. Calon taruna kopassus memiliki criteria kecerdasan, psikologi dan fisik yang prima untuk  dapat di terima sebagai taruna.
Kopassus adalah Pasukan Elit Terbaik ke-3 Dunia
Kehebatan dan kapasitas kemampuan yang istimewa pun dimiliki oleh pasukan khusus ini. Ia merupakan pasukan terbaik ke tiga setelah pasukan khusus Inggris, dan Mozat (Rusia).  Hal membanggakan. Segudang prestasi diakui dunia.

Memiliki pemimpin dengan sikap :”Perwira Sejati”

MayJend Agus Sutomo

Saya terharu membaca ‘tribun jogja’ hari ini yang mencatat kegiatan dan pernyataan sikap Danjend Kopassus MayJend Agus Sutomo.
Pada saat banyak media meliput ‘Pelanggaran HAM oleh 11 Oknum KOpassus’ dan seterusnya. Sang Komandan Tertinggi di Jajaran Kopassus tidak kehilangan sikap heroism dan keperwiraannya.
Statement yang perlu kita catat itu,
Pertama, Ketika di wawancarai beliau nyatakan sikap tegas terhadap tuduhan ‘Pelanggaran HAM’. Beliau sampaikan”Tak ada pelanggaran HAM. Yang ada pelanggaran anggota, Jelas!!!”. Menurut  Mayjend Agus Sutomo, seluruh anggota kopassus di Indonesia berada di bawah tanggung jawabnya.  Oleh sebab itu, jika anak buahnya melakukan pelanggaran maka kesatuan sendiri yang akan menjatuhkan sanksi seadil-adilnya bukan seberat beratnya.(tribun jogja, 17 april 2013).
Kedua, Sikap kepemimpinan MayJend Agus Sutomo amat tegas  terhadap sikap pengganggu kesatuan ini. “Tidak boleh ada yang mengganggu Kopassus karena Kopassus adalah senjata Negara. Siapa yang mengganggu Kopassus itu salah Alamat namanya” Tegas Agus Sutomo.
Ketiga, Sikap korps dan melindungi anak buahnya adalah buah tanggung jawab amat besar. Bahkan statementnya mengejutkan:”Bila perlu 11 orang saya tukar, dia keluar saya di dalam. Lima  tahun lagi saya pension apapun bentuk hukuman saya siap”. Lebih lanjut beliau sampaikan”Saya sebentar lagi pension, tapi Kopassus tidak boleh pension dari negeri ini”.

Menakjubkan. Sikap pemimpin ini luar biasa : Tegas, Keras, namun menampakkan kebijakan, adil, tegar dan keperwiraan dengan sikap tanggung jawab yang mantap.
Maka wajar satuan II kopassus kandang menjangan mendapat banjir kiriman kado ULTAH ke 61. Tumpeng dan buah…tanda cinta masyarakat kepada Kopassus.
Bravo, Hidup Kopassus. Kami Bangga dengan Kopassus!!!.  







Belum ada Komentar untuk "Selamat HUT ke 61 Kopassus “Salam Bangga”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel